Senin, 28 Maret 2011

TUGAS 7S

1.  Pernyataan yang paling tepat tentang “Two Way Traffic” adalah:
a. Komunikasi yang terjadi antara dua orang dimana si komunikan tidak merespon tidak merespon informasi dari si komikator.
b.Komunikasi yang terjadi apabila seseorang pengirim berita tidak bermaksud untuk menerima umpan balik dari orang yang menerima secara langsung.
c. Komunikasi yang dilakukan diantara sesame karyawan yang berada dalam tingkatan struktur organisasi yang sama dimana keduanya saling berkomentar dan bereaksi.
d. Komunikasi yang dimaksudkan untuk memberikan informasi atau menyampaikan perintah dari atasan untuk dikerjakan karyawan.
2.  Komunikasi yang dilakukan dalam penyampaian berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita kepada penerima berita ada umpan balik pada saat itu juga disebut:
a. Komunikasi Formal
b. Komunikasi Langsung
c. Komunikasi Horizontal
d. Komunikasi Tidak Langsung
3.  Yang tidak termasuk dalam hambatan-hambatan komunikasi yang bersifat teknologi:
a. Bahasa dan pengertian
b. Isyarat non verbal
c. Iklim
d. Efektifitas saluran
4.  Aliran komunikasi yang mencakup seluruh transmisi informasi yang memotong silang berbentuk interaksi antara para manajer lini dan para anggota staf atau unit-unit pelayanan disebut:
a. Aliran Vertical
b. Aliran Horizontal
c. Aliran Lateral
d. Aliran Diagonal

5.  Dibawah ini merupakan contoh aliran komunikasi vertical ke atas:
a. Rantai perintah
b. Laporan tahunan
c. Mata-mata karyawan
d. Buku petunjuk
6.  Para penerima berita yang mendua (membingungkan) cenderung melengkapi atau menutup kekurangan informasi:
a. Codensation
b. Closure
c. Expectation
d. Asosiation
7.  Penambahan saluran-saluran masukan dan keluaran seperti penambahan saluran staf khusus atau paralel bila wewenang didesentralisasikan di sebut:
a. Penyaringan
b. Pengantrian
c. Penyingkatan
d. Penetapan saluran ganda
8.  Untuk menangani kelebihan informasi biasanya berita diproses berdasrkan prioritas, berita yang berprioritas rendah akan ditunda atau dijadwalkan kembali, hal ini disebut:
a. Penyaringan
b. Pengantrian
c. Penyingkatan
d. Penetapan saluran ganda
9.  Di dalam Fase Intensif terdapat kemungkinan saluran komunikasi tidak dapat menampung kebutuhan informasi hal tersebut akan berdampak pada hal-hal dibawah ini kecuali:
a. Pimpinan menghadapi pilihan mekanisasi dan otomatisasi
b. Gangguan dalam waktu pelepasan informasi
c. Kesulitan penyimpanan serta pengambilan kembali informasi dari tempat penyimpananya
d. Gangguan dalam proses umpan balik
10.  Dibawah ini merupakan teknik-teknik peningkatan efektifitas komunikasi, kecuali:
a. Penetapan saluran-saluran pribadi
b. Kredibilitas serta persepsi selektif
c. Penetapan dewan khusus
d. Pembentukan tim-tim tugas dan manajemen

Sabtu, 26 Maret 2011

Tugas 6K


1.  Ada beberapa pemikiran tentang kepemimpinan, salah satunya adalah Teori Sifat, jelasakan apa yang saudara ketahui tentang teori tersebut!
JAWAB:
Teori kepemimpinan yang menyatakan bahwa pemimpin itu dilahirkan bukan dibuat, seseorang dilahirkan membawa dan tidak membawa ciri-ciri atau sifat-sifat yang diperlukan bagi seorang pemimpin, teori sifat disebut juga dengan Trait theories atau Teori great-man. Keith Davis membagi empat cirri utama kesuksesan seorang pemimpin:
Kecerdasan
► Kedewasaan social dan hubungan social luas
► Motivasi diri dan dorongan berprestasi
► Sikap-sikap hubungan manusiawi
Seorang pemimpin yang sukses akan mengakui harga diri dan martabat pengikut-pengikutnya mempunyai perhatian yang tinggi dan berorientasi pada karyawan
2. Apa sech gaya kepemimpinan Demokratis itu? sebutkan beberapa ciri-cirinya!
JAWAB:
Demokratis, mempunyai ciri-ciri:
a. Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.
b. Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
c. Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok
d. Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.
3. William J. Redden mengelompokkan gaya kepemimpinan menjadi dua, jelaskanlah.
JAWAB:
Gaya-gaya Efektif:
a. Eksekutif
Manajer memberikan perhatian besar baik terhadap tugas maupun karyawan, menjadi motivator yang baik , menetapkan standar tinggi, menyadari perbedaan-perbedaan individual dan mempergunakan manajemen tim.
b. Pembangun
c. Otokrat penuh kebajikan
d. Birokrat
Gaya-gaya tidak efektif
e. Kompromis
f. Misioner
g. Otokrat
h. Pelarian
4. Apakah Manajerial Grid itu?
JAWAB:
Menggambarkan dua dimensi jaringan yang saling berhubungan dimensi pertama diwakili aksis vertkal yang menggambarkan perhatian terhadap karyawan sementara dimensi kedua diwakili aksis horizontal menggambarkan perhatian terhadap produksi,
5. Rensis Likert membagi 4 gaya dasar kepemimpinan organisasional, sebutkan dan jelaskan!
JAWAB:
Otokrat Eksploratif
Manajer mengambil semua keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan dan memerintahkan serta mengekplorasi bawahan dalam pelaksanaan
Otokrat penuh kebajikan
Manajer tetap menentukan perintah-perintah kerja tapi bawahan diberi keleluasaan dalam pelaksanaan
Partisipatif
Manajer menggunakan gaya konsultatif yaitu meminta masukan dari bawahan tapi tetap menahan hak untuk membuat keputusan.
Demokratik
Manajer memberikan berbagi pengarahan pada bawahan tapi juga memberikan partisipasi total dan keputusan dibuat bersama-sama dengan keputusan suara mayoritas

Minggu, 20 Maret 2011

Tugas 6s

1. Manajer tetap menentukan perintah – perintah kerja tetapi bawahan diberi keleluasaan dalam pelaksanaan, hal tersebut menurut Rensis Likert masuk dalam gaya dasar kepemimipinan:
a. Otokrat Ekspolratif
b. Otokrat Penuh Kebajikan
c. Partisipatif
d. Demokratik
2. Seorang pemimpin yang sukses akan mengakui harga diri dan martabat pengikut-pengikutnya mempunyai perhatian yang tinggi dan berorientasi pada karyawan, hal ini merupakan satu dari empat syarat ciri kepemimpinan sukses menurut Keith Davis, ciri yang dimaksud adalah:
a. Kecerdasan
b. Kedewasaan social
c. Motivasi diri dan dorongan berprestasi
d. Hubungan manusiawi
3. Teori kepemimpinan yang menyatakan bahwa pemimpin itu dilahirkan bukan dibuat, seseorang dilahirkan membawa dan tidak membawa ciri-ciri atau sifat-sifat yang diperlukan bagi seorang pemimpin, teori yang dimaksud adalah:
a. Trait theories
b. Teori great-man
c. Teori sifat
d. Semua jawaban benar
4. Dalam teori situasional (contingency) Fred Fiedler telah mengajukan sebuah model dasar bagi efektifitasnya kepemimpinan, model tersebut menjelaskan hubungan antara gaya kepemimpinan dan situasi yang menguntungkan, situasi tersebut digambarkan dalam “tiga dimensi empiric” yang antara lain seperti dibawah ini, kecuali:
a. Struktur tugas
c. Sarana struktural
b. Hubungan pimpinan anggota
d. Posisi kekuasaan
5. Teori kepemimpinan yang menganalisa pengaruh atau dampak kepemimpinan terutama perilaku pimpinan terhadap motivasi bawahan , kepuasan dan pelaksanaan kerja:
a. Teori Sifat
c. Teori Situasional
b. Teori Kelompok
d. Teori Path-Goal
6. Gaya kepemimpinan dimana mempunyai hubungan positif dengan kepuasan dan harapan bagi bawahan yang melakukan pekerjaan mendua (ambiguous) dan mempunyai hubungan yang negative dengan kepuasan dan harapan bagi bawahan yang melakukan tugas-tugas dengan jelas. Gaya kepemimpinan yang dinaksud adalah:
a. Kepemimpinan direktif
b. Kepemimpinan suportif
c. Kepemimpinan partisipatif
d. Kepemimpinan orientasi prestasi
7. Berikut merupakan gaya-gaya kepemimpinan yang bersifat tidak efektif menurut Wiliam J. Raddin, kecuali:
a. Kompromis
c. Misionaris
b. Birokratis
d. Otokrat
8. Seorang pemimpin yang bersedia menjelaskan , bisa sebagai teman, mudah didekati dan menunjukkan diri sebagai seorang pemimpin sejati bagi bawahan, mempunyai pengaruh positif pada bawahan yang bekerja dibawah tekanan dan mengalami frustasi. Gaya kepemimpian yang dimkasud adalah:
a. Kepemimpinan direktif
b. Kepemimpinan suportif
c. Kepemimpinan partisipatif
d. Kepemimpinan orientasi prestasi
9. Manajer memberikan perhatian besar baik terhadap tugas maupun karyawan, menjadi motivator yang baik , menetapkan standar tinggi, menyadari perbedaan-perbedaan individual dan mempergunakan manajemen tim, gaya pimpinan tersebut menurut William J. Raddin disebut dengan:
a. Gaya Eksekutif
c. Gaya Otokrat penuh kebajikan
b. Gaya Pembangun
d. Gaya Misionaris
10. Manajerial Grid menggambarkan dua dimensi jaringan yang saling berhubungan dimensi pertama diwakili aksis vertkal yang menggambarkan perhatian terhadap karyawan sementara dimensi kedua diwakili aksis horizontal menggambarkan perhatian terhadap produksi, hal ini merupakan buah pemikiran dari:
a. William J. Raddin
c. Robert R. Blake & Jane S. Mouton
b. Rensist Likert
d. Stoner & MC. Gregor

Kamis, 17 Maret 2011

Tugas 5K

1. Sebutkan perbedaan organisasi formal dan organisasi informal menurut Argyris?
JAWAB:
FORMAL 
Hubungan antara atasan & bawahan ditentukan peraturan Pemimpin ditetapkan Pengendalian perilaku melalui pemberian balas jasa dan hukuman
Bawahan sangat tergantung pada atasan.
INFORMAL
Hubunngan antara atasan dan bawahan berdasar kebutuhan masing-masing
Pemimpin dipilih berdasarkan kesepakatan Pengendalian melaui pemenuhan kebutuhan Kurang tergantung pada pimpinan.
2. Sebagai Proses, dapat dikatakan organisasi bersifat dinamis sebab itulah ia hidup, selalu bergerak, berkembang dan berubah-ubah. Adanya sifat dinamis dipengaruhi oleh beberapa factor yang mempengaruhi, jelaskan factor-faktor tersebut:
JAWAB:
FAKTOR INTERN (DALAM)
♣ Tujuan
♣ Manusia-manusia
♣ Tata hubungan
FAKTOR EKTERN (LUAR)
a. NON FISIK
♥ Bersifat Konstitusional-politis
Contoh: UUD, Tap MPR, KEPRES, SISTEM PEMERINTAHAN
♥ Bersifat Sosial-politis
Contoh: Partisipasi masyarakat, Parpol, Susunan hidup masyarakat, Peranan kelompok.
♥ Bersifat Sosial-ekonomi
Contoh: Kondisi hidup penduduk, Sumber penghasilan, umlah penduduk, Lapangan kerja.
♥ Bersifat Sosial-religius
Contoh: Pengaruh Agama, Hubungan pemeluk agama, Organisasi keagamaan.
♥ Bersifat Sosial-kultur
Contoh: Tingkat kecerdasan berpikir.
♥ Bersifat Teknik-teknologis
Contoh: Penemuan teknologi
b. BERSIFAT FISIK
Misalnya: Faktor letak, Keadaan Alam, Daerah, Sumber-sumber Alamiah, Keadaan Iklim dan Cuaca.
3. Sebutkan macam-macam konflik berdasarkan peranan manusia:
JAWAB:
♦ Konflik Peranan (Person Role Conflict)
♦ Konflik antar Peranan (Inter-role Conflict)
Timbul akibat satu orang menjabat dua atau lebih fungs yang bertentangan
♦ Konflik Pemenuhan harapan (Intersender Conflict)
memenuhi harapan dari beberapa orang
♦ Konflik akibat informasi tidak sesuai (Intrasender Conflict)
4. Ada 5 tingkatan dalam “Hirarki Kebutuhan Maslow” sebutkan dan jelaskan 5 tingkatan yang dimaksud:
JAWAB:
a. Fisiologi: Lapar, haus, perumahan dll
b. Keamanan: Keselamatan, perlindungan dll
c. Sosial: Rasa cinta, kekeluargaan, persahabatan, kasih saying
d. Penghargaan: Status, kedudukan, kehormatan
e. Aktualisasi diri: Pemenuhan diri, pengembangan diri, kreatifitas, ekpresi diri.
5. Apa yang saudara ketahui tentang motivasi internal? Sebutkan dan jelaskan 2 motivasi internal
JAWAB:
Motivasi yang muncul atas kebutuhan dan keinginan yang ada dalam diri seseorang akan menimbulkan motivasi internal.
Motivasi internal:
a. Motivasi Fisiologi
Merupakan Motivasi alamiah contohnya: Lapar & Haus
b. Motivasi Psikologis
■ Motivasi Kasih Sayang (Affectional motivation)
(menciptakan kehangatan, keharmonisan)
■ Mempertahankan diri (Ego-defensive motivation)
(melindungi kepribadian, mendapatkan kebanggaan)
■ Memperkuat diri (Ego-bolstering motivation)
(mengembangkan kepribadian, berprestasi)

Minggu, 13 Maret 2011

Tugas 5s

1.  Merupakan salah satu yang mempengaruhi dinamika organisasi jika dilihat dari faktor intern:
a. Peranan
b. Fungsi
c. Tujuan
d. Skema
2.  Faktor ektern yang sifatnya fisik dalam dinamika organisasi:
a. Iklim dan cuaca
b. Jumlah penduduk
c. Teknologi
d. Undang-undang
3. Ingin menjalin hubungan dengan orang lain, merasakan persahabatan dan kasih sayang, keinginan tersebut dalam hirarki kebutuhan A. Maslow masuk dalam:
a. Kebutuhan fisiologis
b. Kebutuhan sosial
c. Kebutuhan keamanan
d. Kebutuhan aktualisasi diri
4. Kondisi hidup penduduk, sumber penghasilan, lapangan kerja merupakan faktor ektern dinamika organisasi:
a. Fisik [sosial-ekonomi]
b. Non Fisik [sosial-ekonomi]
c. Fisik [sosial-politis]
d. Non Fisik [sosial-politis]
5. Apabila konflik melanda antar berbagai tingkatan organisasi, konflik ini dinamakan:
a. Konflik hirarkis
b. Konflik fungsional
c. Konflik lini-staf
d. Konflik formal-informal
6. Apabila konflik ditimbulkan akibat seseorang menjabat dua atau lebih fungsi yang saling bertentangan, hal ini dinamakan:
a. Konflik dalam diri sendiri (person role conflict)
b. Konflik antar peranan (inter role conflict)
c. Konflik pemenuhan harapan (intersender role)
d. Konflik akibat informasi bertentangan (intrasender conflict)
7. Dibawah ini merupakan sumber-sumber utama konflik, kecuali:
a. Sumber daya yang tidak terbatas
b. Perbedaan tujuan
c. Perbedaan nilai dan persepsi
d. Gaya-gaya individual
8. Dalam teori motivasi, Mc.Gregor menyatakan: “Usaha fisik atau mental dalam bekerja adalah kodrat manusia, rata-rata mereka bersedia belajar dalam kondisi yang memungkinkan dengan tanggung jawab, ada kecerdikan, kreatifitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah, hukuman bukan salah satu jalan untuk mencapai tujuan, organisasi harus memberikan kesempatan untuk mereka dalam berprestasi”, Teori yang dimaksud adalah:
a. Teori X c. Teori X & Y
b. Teori Y
c. Teori X & Y
d. Semua jawaban benar
9. Dalam penyelesaian konflik dimana persetujuan semua pihak tidak dapat dicapai, dan hal ini dibiarkan saja agar masing-masing pihak memikirkan dan merenungkan kembali pendapat masing-masing, cara penyelesaian ini disebut:
a. Menggunakan kekuasaan
b. Konfrontasi
c. Kompromi
d. Menghaluskan situasi

10. Dibawah ini merupakan karekteristik Organisasi Formal menurut Argyris, kecuali:
a. Hubungan antara atasan dan bawahan ditentukan peraturan
b. Bawahan sangat tergantung pada atasan
c. Pemimpin dipilih berdasarkan kesepakatan
d. Pengendalian perilaku melalui pemberian balas jasa dan hukuman

Jumat, 11 Maret 2011

Tugas 4K

1. Apakah perbedaan organisasi formal dan informal!
Jawab:Organisasi Formal
Organisasi yang dibentuk secara sadar dan dengan tujuan-tujuan tertentu diatur dengan ketentuan-ketentuan formal baik dalam anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga, kegiatan atau hubungan yang terjadi adalah hubungan jabatan sebagaimana diatur dalam ketentuan tertulis .
Organisasi Informal
Terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan tidak jelas, anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada, hubungan terjalin secara pribadi.
2. Sebutkan macam-macam organisasi berdasarkan type atau bentuknya!
Jawab:a. ORGANISASI LINI (LINE ORGANIZATION)
Diciptakan oleh Henry Fayol, Organisasi lini adalah suatu bentuk organisasi yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan, sejak dari pimpinan tertinggi sampai dengan jabatan-jabatan yang terendah, antara eselon satu dengan eselon yang lain masing-masing dihubungkan dengan garis wewenang atau komando. Organisasi ini sering disebut dengan organisasi militer. Organisasi Lini hanya tepat dipakai dalam organisasi kecil. Contohnya; Perbengkelan, Kedai Nasi, Warteg, Rukun tetangga
Ciri-ciri:
• Hubungan antara atasan dan bawahan masih bersifat langsung dengan satu garis wewenang
• Jumlah karyawan sedikit
• Pemilik modal merupakan pemimpin tertinggi
• Belum terdapat spesialisasi
• Masing-masing kepala unit mempunyai wewenang & tanggung jawab penuh atas segala bidang pekerjaan
b. ORGANISASI LINI DAN STAF (LINE AND STAFF ORG)
Merupakan kombinasi dari organisasi lini, asaz komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiranm saran-saran, data informasi yang dibutuhkan:
Ciri-ciri:
> Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung
> Pucuk pimpinan hanya satu orang dibantu staff
> Terdapat 2 kelompok wewenang yaitu lini dan staff
> Jumlah karyawan banyak
Organisasi besar, bersifat komplek
Adanya spesialisasi
c. ORGANISASI FUNGSIONAL (FUNCTIONAL ORG)
Diciptakan oleh Frederick W. Taylor, Organisasi ini disusun berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh-sungguh.
Ciri-ciri:
- Pembidangan tugas secara tegas dan jelas dapat dibedakan
- Bawahan akan menerima perintah dari beberapa atasan
- Pekerjaan lebih banyak bersifat teknis
- Target-target jelas dan pasti
- Pengawasan ketat
- Penempatan jabatan berdasarkan spesialisasi
d. ORGANISASI LINI & FUNGSIONAL (LINE & FUNCTIONAL ORG)
Suatu bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada perkepala unit dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi tadi masih melimpahkan wewenang kepada pejabat fungsional yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan hasil tugasnya diserahkan kepada kepala unit terdahulu tanpa memandang eselon atau tingkatan.
Ciri-ciri:
- Tidak tampak adanya perbedaan tugas-tugas pokok dan tugas-tugas yang bersifat bantuan.
-  Terdapat spesialisasi yang maksimal
- Tidak ditonjolkan perbedaan tingkatan dalam pemabagian kerja
e. ORGANISASI LINI, FUNGSIONAL DAN STAF (LINE, FUNCTIONAL AND STAFF ORG)
Organisasi ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari organisasi berbentuk lini dan fungsional.
Ciri-ciri:
o Organisasi besar dan kadang sangat ruwet
o  Jumlah karyawan banyak.
o   Mempunyai 3 unsur karyawan pokok:
o Karyawan dengan tugas pokok (line personal)Karyawan dengan tugas bantuan (staff personal)
o  Karyawan dengan tugas operasional fungsional (functional group)
f. ORGANISASI KOMITE (COMMITE ORG)
Suatu organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksakan secara kolektif.
Ciri-ciri:
- Adanya dewan dimana anggota bertindak secara kolektif
- Adanya hak, wewenang dan tanggung jawab sama dari masing-masing anggota dewan.
- Asas musyawarah sangat ditonjolkan
- Organisasinya besar & Struktur tidak sederhana
- Biasannya bergerak dibidang perbankan, asuransi, niaga.
3. Apakah yang anda ketahui tentang organisasi komite? Apa saja cirri-cirinya?
Jawab:
Suatu organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksakan secara kolektif.
Ciri-ciri:
o  Adanya dewan dimana anggota bertindak secara kolektif
o  Adanya hak, wewenang dan tanggung jawab sama dari masing-masing anggota dewan.
o  Asas musyawarah sangat ditonjolkan
o  Organisasinya besar & Struktur tidak sederhana
o  Biasannya bergerak dibidang perbankan, asuransi, niaga.
4. Sebutkan dan jelaskan skema organisasi berdasarkan isi atau fungsi didalamya!
Jawab:
a.  Skema Organisasi Fungsional:
Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-funsi yang lain.
b.   Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
c.  Skema Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.
d.   Skema Organisasi Nama dan Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
e.  Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.
5. Apa perbedaan organisasi social dengan organisasi perusahaan, berikan contoh organisasi tersebut dilingkungan anda minimal 3!
Jawab:
  • Organisasi Sosial, Organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memperhitungkan untung rugi.
Contoh : posyandu,puskesmas,
- Organisasi Perusahaan, Organisasi yang didirikan dengan tujuan komersil atau mencari keuntungan
Contoh : warung,mini market,supermarket

Tugas 4s

1.  Siti Nurhaliza ingin mendirikan warteg di samping Kampus J Gunadarma Kalimalang, bentuk organisasi yang cocok adalah:
a. Organisasi Lini
b. Organisasi Komite
c. Organisasi Fungsional
d. Bisa menggunakan Organisasi a ataupun c
2.  Organisasi yang terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, mempunyai tujuan yang kurang jelas, anggaran dasar serta rumah tangga tidak dibentuk, hubungan antar anggota terjalin secara pribadi:
a. Organisasi resmi
b. Organisasi tidak resmi
c. Organisasi formal
d. Organisasi informal
3. Dibawah ini merupakan skema organisasi jika dilihat dari teknik dan cara pembuatanya, kecuali:
a. Gambar
b. Melingkar
c. Struktur
d. Tegak lurus
4. Tipe organisasi yang dicetuskan Henry Fayol, dimana organisasi menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan, organisasi ini lebih cocok diterapkan pada organisasi kecil, tipe organisasi yang dimaksud adalah:
a. Lini 
b. Lini dan Fungsional
c. Fungsional
d. Lini dan Staff
5. Organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memperhitungkan untung rugi dalam usahanya:
a. Organisasi Kecil
b. Organisasi Perusahaan
c. Organisasi Industri
d. Organisasi Sosial
6. Organisasi yang di bentuk dengan aturan pemerintah dan atau harus terdaftar dalam lembaran Negara, disebut dengan:
a. Organisasi Masyarakat
b. Organisasi Formal
c. Organisasi Resmi
d. Organisasi Perusahaan
7. Tidak tampak adanya perbedaan tugas-tugas pokok dan tugas-tugas yang bersifat bantuan, Terdapat spesialisasi yang maksimal, Tidak ditonjolkan perbedaan tingkatan dalam pemabagian kerja, hal tersebut merupakan cirri darai:
a. Lini dan staff
b. Lini dan fungsional
c. Staff dan fungsional
d. Lini, fungsional dan staff
8. Suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya di kenal dengan:
a. Struktur Organisasi
b. Skema Organisasi
c. Skala Organisasi
d. Sistem Organisasi
9. Organisasi berdasarkan tipe atau bentuknya, kecuali:
a. Lini dan staff
b. Lini dan fungsional
c. Staff dan fungsional
d. Lini, fungsional dan staff
10. Tipe atau bentuk organisasi yang diciptakan Frederick W. Taylor dimana organisasi disusun berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh-sungguh, tipe yang dimaksud adalah:
a. Lini dan Fungsional
b. Fungsional
c. Komite
d. Lini dan Staff

Tugas 3K

1.                  Jelaskan  definisi tentang Organisasi:
2.                  Sebutkan cirri-ciri dari organisasi
3.                  Sebutkan 14 Kaidah manjemen menurut Henry Fayol
4.                  Jelaskan Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
5.                  Apa perbedaan Teori Modern dengan Teori Klasik

JAWABAN:
  1. Definisi tentang Organisasi:
Menurut ERNEST DALE:
            Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok. 
Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
                  Definisi UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”
  1. CIRI-CIRI ORGANISASI:
·         Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
·         Dikembangkan untuk mencapai tujuan
·         Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
·         Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.
  1. 14 Kaidah manjemen menurut Fayol yang menjadi dasar teori administrasi:
·         Pembagian kerja
·         Wewenang & tanggung jawab
·         Disiplin
·         Kesatuan perintah
·         Kesatuan pengarahan
·         Mendahulukan kepentingan umum
·         Balas jasa
·         Sentralisasi
·         Rantai Skalar
·         Aturan
·         Keadilan
·         Kelanggengan personalia
·         Inisiatif
·         Semangat korps
  1. Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
·         Menggantikan metode kerja dalam praktek dengan metode atas dasar ilmu pengetahuan.
·         Mengadakan seleksi, latihan dan pengembangan karyawan
·         Pengembangan ilmu tentang kerja, seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah perlu intregasikan.
·         Perlu dikembangkan semangat dan mental karyawan untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah
5       5.    TEORI MODERN vs TEORI KLASIK
a.      Teori Klasik memusatkan pandangan pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan Teori Modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih menyeluruh.
b.      Teori Klasik membicarakan konsep koordinasi, scalar, dan vertical sedangkan Teori Modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, multidimensi dan banyak variable yang dipertimbangkan

Tugas 3S

  1. James D. Mooney & Allen Reilly mengemukan tiga prinsip kekuasaan yang harus diterapkan dalam organisasi pemerintah, militer, agama ataupun bisnis seperti dibawah ini, kecuali:
    1. Prinsip Kontroling
    2. Prinsip skalar & hirarkis
    3. Prinsip Koordinasi
    4. Prinsip fungsional

  1. Mempunyai misi menyebarkan Teori Administrasi di kawasan Eropa:
    1. James D. Mooney
    2. Allen Reilly
    3. Lyndall Urwick
    4. Max Weber

  1. Birokrasi berasal dari kata Legal_Rasional, Rasional maksudnya:
    1. Adanya wewenang dan seperangkat aturan yang jelas
    2. Adanya pembagian tanggung jawab
    3. Adanya perencanaan dan penetapan tujuan
    4. Adanya pemisahan dan pelimpahan

  1. Penerangan lampu ditempat kerja yang cukup memadai ternyata meningkatkan produktifitas karyawan, itulah kesimpulan akhir dari percobaan Hawthorne oleh:
    1. Henry Fayol
    2. Elton Mayo
    3. Daniel Katz
    4. Oey Ling Lee

  1. Organisasi senantiasa hidup, bergerak, berkembang dan berubah-ubah hal tersebut disebabkan karena organisasi tersebut mempunyai sifat:
    1. Statis
    2. Dinamis
    3. Aktif
    4. Partisipatif

  1. Yang termasuk kedalam dorongan yang sifatnya rohaniah:
    1. Kendaraan
    2. Penyediaan fasilitas rumah
    3. Pemberian tunjangan
    4. Pendidikan dan pengembangan karir

  1. Interaksi Ekternal adalah:
    1. Integrasi antara bagian-bagian subsistem dalam organisasi
    2. Interaksi yang mengabaikan pihak bank, pemerintah dan suplier
    3. Interaksi antara bagian pemasaran dan bagian produksi
    4. Interaksi antara perbankan dan bagian keuangan

  1. Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen :
    1. Organisasi
    2. Metode
    3. Organisasi & Metode       
    4. Manajemen

  1. Bukan termasuk pengertian inti yang terkandung dalam Organisasi & Metode:
    1. Kunci dan Syarat kerja
    2. Untuk Mencapai Efesiensi
    3. Memerlukan Sumber dan Waktu
    4. Dinamika dan Motivasi

  1. Dibawah ini adalah istilah-istilah Organisasi & Metode, kecuali:
    1. Organisasi dan efesiensi
    2. Analisa dan persepsi
    3. Biro Organisasi dan tata laksana
    4. Penelitian dan Pengembangan