I.
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Permainan
futsal merupakan olahraga yang sangat popular di
dunia maupun di Indonesia. Olahraga futsal
sudah sangat diminati oleh masyarakat tua maupun muda di Indonesia dari mulai anak sekolah sampai mahasiswa.
Sebagian orang malas untuk membaca buku - buku tentang teknik
dasar bermain futsal, serta penyajiannya kurang menarik, hanya ada gambar-gambar 2 Dimensi dan tulisan yang monoton. Hal ini dapat mengurangi minat pembaca untuk
mempelajari teknik dasar bermain futsal. Sementara tidak semua yang memainkan olahraga ini memahami teknik dasar bermain futsal yang baik dan benar. Hal ini bisa merugikan diri mereka sendiri
karena tanpa skill bermain yang baik bisa membuat mereka cidera.
Pada
saat ini perkembangan teknologi informasi sangatlah cepat dan pesat. Komputer yang merupakan bagian dari perkembangan
teknologi informasi menjadi salah satu elemen utama dalam penyebaran informasi.
Biasanya hal ini disajikan melalui berbagai media, salah satunya dalam bentuk Aplikasi Multimedia.
Aplikasi Multimedia adalah suatu jenis perangkat lunak yang merupakan gabungan
dari teks, gambar, suara, video dan animasi yang ditampilkan secara interaktif.
Keberadaan multimedia sekarang ini sudah sangat diminati, khususnya multimedia
interaktif. Banyak aplikasi multimedia yang telah dikembangkan, misal dalam
Bidang Kedokteran, Bidang Olah Raga, Bidang Pendidikan, dan lain - lain.
Pendekatan
multimedia bukan berarti menggunakan banyak media sekaligus, tetapi media
tertentu dipilih untuk tujuan pembelajaran tertentu dan media lainnya untuk
tujuan yang lainnya pula. Berdasarkan penjelasan di atas maka penulisan ilmiah ini
mengangkat tema :
“Aplikasi Tutorial Teknik Dasar Bermain Futsal Menggunakan Adobe Flash CS4”.
1.2
Batasan
Masalah
Penulisan ini dibatasi, hanya menjelaskan seputar teknik dasar bermain futsal saja seperti tentang bagaimana cara men-dribling
bola, shooting (memasukkan bola ke dalam gawang), passing dan me-ngontrol bola yang
benar. Aplikasi ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS4.
1.3
Tujuan
Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat
aplikasi pembelajaran teknik dasar bermain futsal berbasis multimedia yang dapat di gunakan disemua kalangan, baik
dewasa maupun anak-anak. Aplikasi
ini diharapkan
dapat membantu mempermudah mempelajari teknik dasar bermain futsal untuk anak-anak
maupun orang dewasa.
1.4
Metode
Penelitian
Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan penulisan ilmiah ini menggunakan teknik metode SDLC (System Development Life Cycle).
Tahapan - tahapan yang ada dalam SDLC adalah sebagai berikut:
1. Perencanaan
Tahapan
ini, akan merencanakan kebutuhan perangkat lunak, dan perangkat keras yang akan
di gunakan dalam pembuatan aplikasi Tutorial Teknik Dasar Bermain Futsal.
2.
Analisa
Tahap analisa tutorial teknik dasar futsal dilakukan setelah
tahap perencanaan dan sebelum tahap perancangan. Tahapan ini meliputi :
a. Studi
Pustaka
Mencari
informasi, dengan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan penulisan
ilmiah ini, untuk memecahkan masalah.
b. Wawancara
Melakukan
wawancara langsung kepada sebagian
kalangan anak – anak dan kalangan dewasa,
penyuka olahraga futsal agar
memperoleh informasi mengenai aplikasi yang akan dibuat.
3. Perancangan
Tahapan
ini, melakukan perancangan aplikasi, agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
4. Implementasi
Implementasi sistem aplikasi tutorial futsal adalah pembuatan
sistem yang mencakup pembuatan tampilan – tampilan pembuatan tutorial teknik dasar
futsal. Tujuan implementasi untuk menerapkan perancangan yang telah dilakukan terhadap
sistem, maka semua kalangan dapat memberi masukan demi berjalannya sistem yang
telah dibangun, dengan menggunakan program Adobe Flash CS4.
5. Pengujian
program
Pada
tahap uji coba dilakukan pengujian
terhadap aplikasi untuk melihat, apakah aplikasi
sudah dapat diterima oleh pengguna dengan baik atau tidak.
1.5
Sistematika
Penelitian
Adapun
sistematika penulisan yang dipergunakan pada Penulisan Ilmiah ini adalah
sebagai berikut :
-
BAB
I : PENDAHULUAN, berisi
tentang
latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan
sistematika penulisan dari penulisan ilmiah ini.
-
BAB
II : KAJIAN PUSTAKA,
bab ini akan
menjelaskan teori-teori yang menunjang pada penulisan ilmiah ini, meliputi
multimedia, elemen multimedia, teks, gambar, suara, video, animasi, perancangan
multimedia, struktur navigasi, storyboard,
adobe
flash mengenai dasar – dasar teori untuk mendukung aplikasi dan informasi teknik
dasar bermain futsal menggunakan Adobe Flash CS4.
-
BAB
III : PEMBAHASAN MASALAH, bab
ini mencakup pembahasan aplikasi serta analisa perencanaan, perancangan dan
implementasi secara keseluruhan.
-
BAB
IV : PENUTUP, bab ini berisi tentang kesimpulan dan
saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar