Selasa, 25 Juni 2013

Bab 1 adit

I. PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang Masalah
Permainan futsal merupakan olahraga yang sangat popular di dunia maupun di Indonesia. Olahraga futsal sudah sangat diminati oleh masyarakat tua maupun muda di Indonesia dari mulai anak sekolah sampai mahasiswa. Sebagian orang malas untuk membaca buku - buku tentang teknik dasar bermain futsal, serta penyajiannya kurang menarik,  hanya ada gambar-gambar 2 Dimensi dan tulisan yang monoton. Hal ini dapat mengurangi minat pembaca untuk mempelajari teknik dasar bermain futsal. Sementara tidak semua yang memainkan olahraga ini memahami teknik dasar bermain futsal yang baik dan benar. Hal ini bisa merugikan diri mereka sendiri karena tanpa skill bermain yang baik bisa membuat mereka cidera.
Pada saat ini perkembangan teknologi informasi sangatlah cepat dan pesat. Komputer yang merupakan bagian dari perkembangan teknologi informasi menjadi salah satu elemen utama dalam penyebaran informasi. Biasanya hal ini disajikan melalui berbagai media, salah satunya dalam bentuk Aplikasi Multimedia.
Aplikasi Multimedia adalah suatu jenis perangkat lunak yang merupakan gabungan dari teks, gambar, suara, video dan animasi yang ditampilkan secara interaktif. Keberadaan multimedia sekarang ini sudah sangat diminati, khususnya multimedia interaktif. Banyak aplikasi multimedia yang telah dikembangkan, misal dalam Bidang Kedokteran, Bidang Olah Raga, Bidang Pendidikan, dan lain - lain.
Pendekatan multimedia bukan berarti menggunakan banyak media sekaligus, tetapi media tertentu dipilih untuk tujuan pembelajaran tertentu dan media lainnya untuk tujuan yang lainnya pula.  Berdasarkan penjelasan di atas maka penulisan ilmiah ini mengangkat tema : “Aplikasi Tutorial Teknik Dasar Bermain Futsal  Menggunakan Adobe Flash CS4”.



1.2         Batasan Masalah
Penulisan ini dibatasi, hanya menjelaskan seputar teknik dasar bermain futsal saja seperti tentang bagaimana cara men-dribling bola, shooting (memasukkan bola ke dalam gawang), passing dan me-ngontrol bola yang benar. Aplikasi  ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS4.

1.3              Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelajaran teknik dasar bermain futsal berbasis multimedia yang dapat di gunakan disemua kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah mempelajari teknik dasar bermain futsal untuk anak-anak maupun orang dewasa.

1.4         Metode Penelitian
Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan penulisan ilmiah ini menggunakan teknik metode SDLC (System Development Life Cycle). Tahapan - tahapan yang ada dalam SDLC adalah sebagai berikut:
1.      Perencanaan
Tahapan ini, akan merencanakan kebutuhan perangkat lunak, dan perangkat keras yang akan di gunakan dalam pembuatan aplikasi Tutorial Teknik Dasar Bermain Futsal.
2.      Analisa
Tahap analisa tutorial teknik dasar futsal dilakukan setelah tahap perencanaan dan sebelum tahap perancangan. Tahapan ini meliputi :
a.       Studi Pustaka
Mencari informasi, dengan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini, untuk memecahkan masalah.

b.      Wawancara
Melakukan wawancara langsung kepada sebagian kalangan anak – anak dan kalangan dewasa, penyuka olahraga futsal agar memperoleh informasi mengenai aplikasi yang akan dibuat.
3.      Perancangan
Tahapan ini, melakukan perancangan aplikasi, agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
4.      Implementasi
Implementasi sistem aplikasi tutorial futsal adalah pembuatan sistem yang mencakup pembuatan tampilan – tampilan pembuatan tutorial teknik dasar futsal. Tujuan implementasi untuk menerapkan perancangan yang telah dilakukan terhadap sistem, maka semua kalangan dapat memberi masukan demi berjalannya sistem yang telah dibangun, dengan menggunakan program Adobe Flash CS4.
5.      Pengujian program
Pada tahap uji coba dilakukan pengujian terhadap aplikasi untuk melihat,  apakah aplikasi sudah dapat diterima oleh pengguna dengan baik atau tidak.

1.5         Sistematika Penelitian
Adapun sistematika penulisan yang dipergunakan pada Penulisan Ilmiah ini adalah sebagai berikut :
-         BAB I : PENDAHULUAN, berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan dari penulisan ilmiah ini.
-         BAB II : KAJIAN PUSTAKA,  bab ini akan menjelaskan teori-teori yang menunjang pada penulisan ilmiah ini, meliputi multimedia, elemen multimedia, teks, gambar, suara, video, animasi, perancangan multimedia, struktur navigasi, storyboard, adobe flash mengenai dasar – dasar teori untuk mendukung aplikasi dan informasi teknik dasar  bermain futsal menggunakan Adobe Flash CS4.
-         BAB III : PEMBAHASAN MASALAH,     bab ini mencakup pembahasan aplikasi serta analisa perencanaan, perancangan dan implementasi secara keseluruhan.
-                  BAB IV : PENUTUP, bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar